Jerawat: Penyebab dan Pencegahan

Gambar
Berikut beberapa hal yang mesti kamu ketahui tentang jerawat: 1. Jerawat secara sederhana adalah penyumbatan pori-pori (oleh debu, makeup, kotoran, atau kulit mati), sehingga minyak menumpuk dalam pori-pori lalu membengkak, infeksi bakteri juga bisa memperparah situasi itu, lalu berlanjut dgn reaksi antibodi dan bernanah. 2. Jerawat itu normal bagi remaja, karena kelenjar minyak di kulitnya baru saja aktif pd masa puber. Lewat masa puber, jerawat akan berhenti tumbuh. 3. Ada yg namanya jerawat dewasa/rosacea. Walau sudah lewat masa puber, kulit tetep memproduksi jerawat. Ini juga wajar terjadi di Indonesia, udah bawaan gen. Jadi jerawatnya bisa diatasi, tapi gk bisa disembuhkan. 4. Jaga kelembapan kulit. Kulit yg lembap, kadar minyaknya normal dan cukup. Kulit yg dehidrasi akan memproduksi minyak lebih banyak utk mengganti kelembapan yg hilang, tp minyak yg diproduksi ini menjadi pemicu jerawat tumbuh. So, hydrated skin = no acne. Pelembap = wajib. 5. Pada wanita, perubahan hormon sela

Bioaqua (Brand Investigation)

Siapa yg belum tau BIOAQUA, akhir2 ini lagi hits banget. Cushion foundation dengan hasil aplikasi yg tebal, packing bagus, harga murah. Perfect! Tapi gk juga sih. Pasti ada sesuatu dibalik semua itu. Mencurigakan. Oke baiklah kita bahas tuntas ttg bioaqua ini.

TUKANG JIPLAK KEMASAN

Mari kita bandingkan gambar2 yg tertera di bawah, mulai dr namanya aja udh janggal.

Ternyata, kemasan produk bioaqua ini menjiplak banyak produk2 ternama, ada skincare dan kosmetik jepang dan korea, ada pula dari brand2 barat.
Gak cuman kemasan yg dijiplak, klaim manfaat produk ternyata juga dijiplak. Padahal setelah dilihat ingridientsnya, bahannya jauh berbeda. 

PERUSAHAAN PRODUSEN
Bioaqua itu made in china, tau nama perusahaan yg memproduksinya? 
Mari kita googling. Keterangan utama yg dapat dilacak dari bioaqua adalah website www.bioaqua.store

Tapi website tersebut lebih terlihat seperti web jual beli biasa, tidak ada keterangan perusahaan produsennya.
Lanjut, nama perusahaan produsennya adalah GuangZhou OBO Cosmetics Co., Ltd dengan nama alamat website www.gzobo.com
Website ini terlihat seperti official perusahaan yg salah satu brand produknya adalah bioaqua. Tapi sayangnya selain ditulis dalam huruf chinese, beberapa bagian website tidak bisa dibuka (mencurigakan).
Keterangan paling banyak yg bisa didapatkan adalah dari https://gzobo.m.en.alibaba.com
Ada display produk dan harga grosir yg jelas tertera di seluruh web nya.

PERUSAHAAN OEM&ODM DENGAN HARGA MURAH
Jadi cara kerja perusahaan ini adalah OEM&ODM, detilnya bisa digoogling sendiri. Secara sederhana sistem OEM&ODM itu seperti ini: A menjual produk X, A tidak memproduksi sendiri barangnya. B adalah perusahaan OEM&ODM, A menggunakan jasa B utk memproduksi barang X.
Dan perusahaan GuangZhou ini ternyata adalah perusahaan OEM&ODM. Mereka memproduksi bioaqua berdasarkan rekues pembeli dengan partai besar / grosir (jelas harga jadi murah).

Mari kita lihat di keterangan websitenya, harga paling murah cushion bioaqua dengan minimal order 96pcs adalah USD 0,58. Kalau rate rupiah 14.000, maka harga 1pc cushion bioaqua adalah 0,58 × 14.000 = Rp. 8.000
Waw.. amazing.. biasanya dijual berapa? 50rb? 150rb? 😂
Bisa dibayangkan dong, dengan kemasan mulus dan bagus, serta hasil aplikasi cushion ke wajah yg cuc mey, harga jual pabriknya cuman 8.000 rupiah dan mereka sudah untung? Harga case cushion aja sudah puluhan ribu lhoo, puff nya aja belasan ribu yg paling murah. Yakin itu yg diolesin ke wajah adalah kosmetik? Jangan-jangan sesuatu yg lain, yaa kaann. Atau juga bisa kosmetik tp dengan ukuran yg sangat sedikit 😅

KESIMPULAN
Terlalu mencurigakan. 
Biasanya yg begini disebut produk abu-abu. Gk jelas apakah aman atau enggak, karena info pendukungnya tidak lengkap dan tidak mudah diakses.
Oh iyaa, bioaqua belum didaftarkan BPOM, jadi gk ada nomer Izin Edar BPOM.
Selebihnya silahkan disimpulkan sendiri.

DISCLAIMER
Post ini ditulis berdasarkan sumbangan ide dan informasi dari kak Mochi, Mbak Melinda dan Mbak Eka.
Postingan ttg produk jiplakan lebih lengkap bisa dilihat dengan cara, search "mochi bioaqua" dan "eka damayanti bioaqua".

----INFO TAMBAHAN
Pendapat orang keturunan Cina asli terkait produk dalam negri mereka

I wouldn't. I remember the 2008 melamine scandal and the 2016 vaccination scandal. That's not to say everything made in China is automatically bad - many companies have factories in China, like Apple. The difference is that those companies are held to certain regulatory/quality standards that may not be applicable for local companies, and their media isn't government censored. Unlike China, where cover ups are ordered by government officials.
I love the culture, heritage and food, but no, I would not buy Chinese cosmetics unless it's from a company that is internationally recognized (i.e. ISO certified).

Aku tidak akan. Saya ingat skandal melamin tahun 2008 dan skandal vaksinasi 2016. Itu tidak berarti semua yang dibuat di China secara otomatis buruk - banyak perusahaan memiliki pabrik di China, seperti Apple. Perbedaannya adalah bahwa perusahaan-perusahaan tersebut berpegang pada standar peraturan / kualitas tertentu yang mungkin tidak berlaku untuk perusahaan lokal, dan media mereka tidak disensor oleh pemerintah. Tidak seperti Cina, di mana menutup-nutupi diperintahkan oleh pejabat pemerintah.
Saya suka budaya, warisan dan makanan, tetapi tidak, saya tidak akan membeli kosmetik Cina kecuali itu dari perusahaan yang diakui secara internasional (yaitu ISO bersertifikat).

Ada yg sempat liat berita di SCTV kmaren? 
BPOM menyita kosmetik berbahaya, termasuk bioaqua 😅

Tanggal 12 Juli 2018, bioaqua tercyduck oleh BPOM di Batam. Screenshoot berita sudah ditambahkan. Baca selengkapnya disini https://batampos.co.id/2018/07/19/bpom-menertibkan-kosmetik-ilegal/


Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Wkwkwk.. artikel ngarang ngidul.. Padahal website asli Bioaqua itu thebioaqua.com bukan yang kamu sebutkan di atas.
    Investigasi sih investigasi, tapi apa yg kamu tulis aja udah salah dan gak benar kok..
    Itu sih namanya ngejatuhin usaha jualan orang. Mba.. mba pinter dikit dong kalo mau investigasi. Lawak bener dah lu..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cream HN Hetty Nugrahati (Brand Investigation)

Review Penggunaan Gluta Frozen Genius Whitening dan Frozen Collagen 2in1 Whitening X10

Moreskin Clean & Glow Cream Booster (Investigation)