Jerawat: Penyebab dan Pencegahan

Gambar
Berikut beberapa hal yang mesti kamu ketahui tentang jerawat: 1. Jerawat secara sederhana adalah penyumbatan pori-pori (oleh debu, makeup, kotoran, atau kulit mati), sehingga minyak menumpuk dalam pori-pori lalu membengkak, infeksi bakteri juga bisa memperparah situasi itu, lalu berlanjut dgn reaksi antibodi dan bernanah. 2. Jerawat itu normal bagi remaja, karena kelenjar minyak di kulitnya baru saja aktif pd masa puber. Lewat masa puber, jerawat akan berhenti tumbuh. 3. Ada yg namanya jerawat dewasa/rosacea. Walau sudah lewat masa puber, kulit tetep memproduksi jerawat. Ini juga wajar terjadi di Indonesia, udah bawaan gen. Jadi jerawatnya bisa diatasi, tapi gk bisa disembuhkan. 4. Jaga kelembapan kulit. Kulit yg lembap, kadar minyaknya normal dan cukup. Kulit yg dehidrasi akan memproduksi minyak lebih banyak utk mengganti kelembapan yg hilang, tp minyak yg diproduksi ini menjadi pemicu jerawat tumbuh. So, hydrated skin = no acne. Pelembap = wajib. 5. Pada wanita, perubahan hormon sela

Krim Wajah Menghitam? Teroksidasi!


Kenapa skincare bisa menghitam?
Kenapa skincare harus disimpan di kulkas?
Kenapa ada juga yg gak harus dikulkasin?
Aman gak sih?

Pasti banyak info mengenai krim menghitam, tapi kebanyakan lebih ke pembelaan buat beli skincare tertentu yg klaimnya tidak akan menghitam. Jadi info yang diterima masih tidak memberikan wawasan yang utuh.

1. Krim bisa menghitam karena bahan aktif di dalamnya telah teroksidasi akibat pengaruh dari lingkungan di sekitar produk. Bahan yang bisa teroksidasi misalnya vitamin C, arbutin dan hydroquinon.

2. Oksidasi secara sederhana bisa diartikan sebagai perubahan senyawa kimia pada produk skincare akibat interaksi dengan udara (oksigen). Contoh proses oksidasi yg mudah dipahami adalah buah apel dan pisang yg berubah jadi coklat kalau kena udara.

3. Selain berinteraksi dengan udara langsung, oksidasi juga bisa terjadi karena dukungan paparan sinar matahari, nyolek produk langsung dengan tangan yg kotor, dan suhu simpan ruang yg tinggi.

4. Kulkas menjadi tempat yg baik untuk menyimpan skincare karena suhunya stabil, gelap dan kedap udara. Tapi hanya untuk produk yg disarankan disimpan di kulkas lhoo yaa, biasanya krim racikan dokter. Kalau produk OTC gak perlu, karena sudah mengandung pengawet atau formula bahan aktifnya lebih stabil, sehingga tidak cepat teroksidasi.

5. Agar produk tidak gampang teroksidasi maka perhatikan tempat penyimpanan (baca di kemasan produk), hindari paparan sinar matahari langsung, minimalkan terkena udara, dan saat mengambil produk lebih baik menggunakan spatula yg bersih.

6. Krim yg menghitam itu bukan krim yang berbahaya, karena yang menghitam adalah vitamin C atau arbutin. Kalaupun mengandung hydroquinon, asalkan krimnya didapatkan dari hasil konsultasi dengan dokter yaa gak masalah.

7. Krim yang sudah menghitam artinya bahan aktifnya sudah rusak, lebih baik dibuang saja.

Oke, sekian informasinya. Semoga bisa membantu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cream HN Hetty Nugrahati (Brand Investigation)

Review Penggunaan Gluta Frozen Genius Whitening dan Frozen Collagen 2in1 Whitening X10

Moreskin Clean & Glow Cream Booster (Investigation)