Jerawat: Penyebab dan Pencegahan

Gambar
Berikut beberapa hal yang mesti kamu ketahui tentang jerawat: 1. Jerawat secara sederhana adalah penyumbatan pori-pori (oleh debu, makeup, kotoran, atau kulit mati), sehingga minyak menumpuk dalam pori-pori lalu membengkak, infeksi bakteri juga bisa memperparah situasi itu, lalu berlanjut dgn reaksi antibodi dan bernanah. 2. Jerawat itu normal bagi remaja, karena kelenjar minyak di kulitnya baru saja aktif pd masa puber. Lewat masa puber, jerawat akan berhenti tumbuh. 3. Ada yg namanya jerawat dewasa/rosacea. Walau sudah lewat masa puber, kulit tetep memproduksi jerawat. Ini juga wajar terjadi di Indonesia, udah bawaan gen. Jadi jerawatnya bisa diatasi, tapi gk bisa disembuhkan. 4. Jaga kelembapan kulit. Kulit yg lembap, kadar minyaknya normal dan cukup. Kulit yg dehidrasi akan memproduksi minyak lebih banyak utk mengganti kelembapan yg hilang, tp minyak yg diproduksi ini menjadi pemicu jerawat tumbuh. So, hydrated skin = no acne. Pelembap = wajib. 5. Pada wanita, perubahan hormon sela

Moreskin Clean & Glow Cream Booster (Investigation)

Hai, kali ini aku akan membahas tentang produk yang amazing banget (dari iklannya), Moreskin Clean & Glow Cream Booster. Kalau berdasarkan website resmi PT. NASA selaku perusahaan distributor, tidak terdapat penjelasan rinci tentang produk ini. Silahkan cek disini: naturalnusantara.co.id/moreskin-glow

Moreskin Clean & Glow Cream Booster (INVESTIGATION SERIES)
Moreskin Clean And Glow 

Referensi lebih detil diberikan oleh website agen (atau mungkin bisa disebut website back up *mungkin). Penjelasan yg diberikan oleh laman tersebut adalah krim ini merupakan booster, tidak boleh dipakai rutin, hanya 3 hari dalam seminggu, sedangkan untuk krim harian menggunakan seri Day & Night Cream dari Moreskin. Penjelasan detil dan tanya jawab dengan adminnya bisa dibaca disini: ptnasa.net/moreskin-clean-glow

Poin-poin yang kita dapat sejauh ini adalah:
  • Wajah glowing dengan cepat 
  • Cream booster 
  • Tidak boleh dipakai setiap hari 

Sudah mulai curiga?

Btw, produk ini sudah mengantongi ijin edar BPOM dengan nomor NA18171900370, sebagai kosmetika. Produk ini diproduksi dan didaftarakan oleh PT. Pesona Mutiara Indonesia, Semarang. Produk ini didistribusikan oleh PT. Natural Nusantara, Yogyakarta (secara MLM).

Oke, sekarang kita cek iklan agennya yg bertebaran di sosial media. Apakah overclaim? *biasanya agen MLM suka begitu. Here they are.

Iklan yang Jualan

Claim yg perlu digaris bawahi disini adalah aman untuk ibu hamil. Apakah benar-benar aman?

Oiy, kadang suka heran aja sih sama seller yang bilang “Produk ini 100% alami, tanpa bahan kimia”. B*** please, segala materi yg berada di alam semesta ini terdiri dari “bahan” kimia.

Back to the claim, mari kita cermati komposisi Moreskin Clean & Glow Cream Booster berikut ini:

Komposisi Moreskin Clean & Glow Cream
Komposisi Moreskin Clean & Glow Cream 

INGREDIENTS: Water, Stearic Acid, Achillea Millefolium Extract, Arctostaphylos Uva Ursi Leaf Extract, Calluna Vulgaris Flower Extract, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract, Propylene Glycol, PEG-8, Sophora Japonica Bud Extract, Scutellaria Baicalensis Root Extract, Alpha-Arbutin, Retinol, Glyceryl Stearate, Glycerin, Isopropyl Palmitate, Sodium Lactate, Triethanolamine, Titanium Dioxide, Methylparaben, BHT, Propylparaben, Fragrance.

Murni bahan alami tanpa bahan kimia? Hell NO!
Kita bisa saksikan semua bahwa krim ini mengandung parfumtidak paraben free, dan RETINOL serta bahan-bahan yang susah dibaca apa itu namanya.

Secara umum, bahan-bahan yang terkandung di dalamnya berupa pelembap (humectant dan skin conditioning) dan pencerah (baik yg ekstrak bahan alam maupun berupa senyawa kimia). Hasil analisis lengkap ingridients oleh website skincarisma.com dapat dilihat disini https://tinyurl.com/skincarisma-moreskin-glow.

RETINOL
Bahan yg perlu diberi perhatian khusus dalam hal ini adalah retinol. Retinol adalah senyawa turunan vitamin A yang apabila dioleskan ke kulit dapat memberi efek anti aging, meningkatkan produksi kolagen, meningkatkan elastisitas kulit, memperbaiki tekstur kulit, mengurangi jerawat, dan meratakan warna kulit, termasuk mengatasi pigmentasi kulit (flek).
Turunan dari vitamin A sebenernya bukan hanya retinol. Retinol termasuk kategori kosmetik, sehingga banyak ditemukan di produk perawatan kulit. Tipe vitamin A yang lain seperti tretinoin dan adapalene termasuk kategori obat keras yang penggunaannya hanya diresepkan oleh dokter spesialis.

Secara sederhana kita boleh menyebut: retinol bikin kuit mulus, licin dan kinclong.

Amazing ya, tapi bukan berarti retinol bisa dengan bebas diioles ke wajah. Sifat kimia dari retinol adalah mengeringkan kelenjar minyak di bawah kulit, sehingga akan berdampak pada kulit yg kering, kulit yang kemerahan, pengelupasan kulit, bahkan kulit jadi sensitif terhadap sinar UV (yang bisa menyebabkan kulit makin merah). Produk pelembap dan sunscreen adalah pendamping wajib jika menggunakan retinol, disamping kondisi kulit harus sedang berada pada kondisi prima (skin barrier sedang bagus) ketika memutuskan utk memakai retinol. Kulit sensitif harus hati-hati menggunakan produk ini, karena rentan mengiritasi.
Ingin mengenal retinol lebih jauh? Pelajari disini:
https://stylecaster.com/beauty/what-does-retinol-do/
https://stylecaster.com/beauty/how-to-use-retinol-in-summer/

KEAMANAN UNTUK JANIN
Nah, kemudian, apakah retinol aman untuk janin?

sumber: www.sharecare.com

Selama kehamilan, asupan vitamin A dan retinol juga diperlukan untuk menunjang tumbuh kembang janin. Dosis yang dianjurkan adalah 770 mikrogram per hari dengan batas maksimal 3000 mikrogram perhari atau 10.000 IU. Dosis harian biasanya sudah terpenuhi dengan mengomsumsi makanan sumber vitamin A seperti hati, wortel, labu kuning, ubi dan buah serta sayur lainnya.

Jika jumlah vitamin A terlalu banyak, justru akan menyebabkan kecacatan pada janin seperti pertumbuhan pada tulang tengkorak dan cacat pada fisik maupun mental. Kelainan ini disebut juga Fetal Retinoid Syndrome atau isotretinoin embryopathy. Meskipun di beberapa penelitian belum menunjukan hasil yg signifikan bahwa retinol oles juga membahayakan janin, tetapi hal tersebut tetap tidak disarankan selama kehamilan, mengingat efeknya yg belum bisa dipastikan.

Cacat Fisik Akibat Isotretinoin Oral
Cacat Fisik Akibat Isotretinoin Oral

Pelajari lebih lengkap di link berikut:

KESIMPULAN
So, pemirsa, kalau mau pakai Moreskin Clean & Glow Cream Booster harap dipahami kalau produk ini mengandung retinol. Disarankan untuk:
  1. Digunakan seminimal mungkin pada awal penggunaan, bisa seminggu sekali. Lalu interval penggunaan diperpendek hingga sesuai anjuran 3 kali seminggu.
  2. Gunakan pada malam hari saja.
  3. Kombinasikan dengan hydrating toner dan moisturizer.
  4. Pagi wajib banget pakai sunscreen untuk mencegah iritasi akibat sinar matahari.
  5. Jangan digunakan jika barrier skin sedang lemah, fokus untuk memperkuat mantle acid kulit terlebih dahulu.

Komentar

  1. Thank you sis pencerahannya! Cari aman, mending ga ush pake hehe...

    BalasHapus
  2. Ngelupas ngga si bikin urat keliatan ngga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sis..bikin kulit ngelupasss

      Hapus
    2. Sedikit testi
      Mama ku make udh abis 2 tempat gitu Alhamdulillah sehat2 aja kulitny

      Hapus
    3. Aku pakai dah 3th. Gak ada ngelupas2. Dan aku pakai juga waktu hamil. Sekarang anakku dah usia 1th

      Hapus
  3. Iseng2 nyari artikel nemu ini..pantesaann..abis beli, kok kulitku ngelupass. 😓😓. Berenti make, selang 5 hari make lagi kok ngelupas lagi..udah dehh. Stop pake

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok q makek gak ngelupas ya bun cuma pertma kusam bener kukitnyaa ... Dibedakin rasa mukak kusem

      Hapus
  4. Kak review in sabun amoorea dong, lagi booming banget di medsos

    BalasHapus
  5. Kalo pakainya siang sama malam kak.tapi prnggunaaanya seminggu 3 kali

    BalasHapus
    Balasan
    1. D sarankan cma malam aja dri reviewnya kak alfi,,,

      Hapus
  6. Setelah 3 hari pake berhenti kan brti g pake tu cream,,lalu minggu ke 2 pake 3 hari lagi & strusnya,,,slma wktu g pake wajah + gelap & flek apa g ber+ ( sy pake 1 minggu 3 hri ni berhnti pke minggu depan) ,,bgmn ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Langsung Terhubung Ke Kami Silahkan Hubungi Whatsapp Kami Di Bawah Ini :

      Wa.me/6281335033803

      LAGI PROMO PENGIRIMAN PRODUK BAYAR DI TEMPAT LHO.
      KHUSUS SELURUH INDONESIA.

      Hapus
  7. Kak, gimana kalau dibahas Natura Beauty Spray... Mulai booming nih.. Dan MLM juga... Makasih Ks...

    BalasHapus



  8. Saya doakan semoga usahanya laris manis , dan biar cepat tambah laris, cobalah gunakan desain blogspot yang bertuah dan di percaya bisa meningkatkan penjualan hingga 300% ini , Klik saja Jasa Desain Web Blog Murah , Desain sesuai bisnis anda, gratis subdomain dan hosting unlimited , sekali bayar untuk selamanya, proses cepat murah dan mudah. Klik saja Jasa Desain Web Blog Murah

    BalasHapus
  9. Kalau aku pakai udah 3box aman2 aja si memang bulan pertama hasil nya g lsngsung kelihatan tp setelah bulan ke tiga wajah aku mulai kelihatan glowing dan g buat ngelupas dari pemakaian pertama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punyaku jiga gak ngelupas bun cuma ni masih proses awal pemkaian kusem rasanya gak secerah kya bisanya ... Brti bunda bulan ke tiga baru kliatan prubhanya ya

      Hapus
  10. Aku sih lg pake 1 boks belum anis masih banyak aku jga makainya cuma malam saja dan mukaku jadi makin bersih dan sehat" selalu kemarin pernah ngalami biang keringat di aeluruh wajah setelah memakai moreskin vlean and glow udah lumayan g keliaatan bruntusannya semoaga aja bisa musnah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ka' kalo dipake nya malem aja, siangnya Kaka pakai apa? Boleh gak ya pakai pelembab dari merk lain?

      Hapus
  11. Produk nya bagus, hanya saja lebih baik buat kulit yg normal sampai oily, klo yg kering dan sensitive tidak d anjurkan, itu menurut dokter grand

    BalasHapus
  12. Produk nya bagus, hanya saja lebih baik buat kulit yg normal sampai oily, klo yg kering dan sensitive tidak d anjurkan, itu menurut dokter grand

    BalasHapus
  13. Kalau Untuk Menjatuhkan Produk_Produk Herbal Nasa Silahkan Kunjungi Langsung Ke Produksinya kak.
    Terima kasih
    Untuk Langsung Terhubung Ke Kami Silahkan Hubungi Whatsapp Kami Di Bawah Ini :

    Wa.me/6281335033803

    LAGI PROMO PENGIRIMAN PRODUK BAYAR DI TEMPAT LHO.
    KHUSUS SELURUH INDONESIA.

    BalasHapus
  14. Kak kalo pake nya setiap hari untuk menghilangkan flek gimana boleh gaa?

    BalasHapus
  15. Mohon maaf ya kak. Saya juga memakai moreskin clean n glow alhamdulillah aman" saja. Itu kan juga tergantung kitanya ikuti anjuran penggunaan atau enggak.

    BalasHapus
  16. Mau tanya kalau clean n glow nya di pake tiap hari tp mlam aja boleh g ya? Dan bagaimana dengan efek sampingnya? Trimakasih

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah saya pemakai clean and glow sudah hampir 3 th,Sebelumnya kulit saya kering, kusem, banyak milia, Alhamdulillah saya sekarang lmyn cerah, lembah milia hilang, Terimakasih karena clean and glow

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cream HN Hetty Nugrahati (Brand Investigation)

Review Penggunaan Gluta Frozen Genius Whitening dan Frozen Collagen 2in1 Whitening X10