Jerawat: Penyebab dan Pencegahan

Gambar
Berikut beberapa hal yang mesti kamu ketahui tentang jerawat: 1. Jerawat secara sederhana adalah penyumbatan pori-pori (oleh debu, makeup, kotoran, atau kulit mati), sehingga minyak menumpuk dalam pori-pori lalu membengkak, infeksi bakteri juga bisa memperparah situasi itu, lalu berlanjut dgn reaksi antibodi dan bernanah. 2. Jerawat itu normal bagi remaja, karena kelenjar minyak di kulitnya baru saja aktif pd masa puber. Lewat masa puber, jerawat akan berhenti tumbuh. 3. Ada yg namanya jerawat dewasa/rosacea. Walau sudah lewat masa puber, kulit tetep memproduksi jerawat. Ini juga wajar terjadi di Indonesia, udah bawaan gen. Jadi jerawatnya bisa diatasi, tapi gk bisa disembuhkan. 4. Jaga kelembapan kulit. Kulit yg lembap, kadar minyaknya normal dan cukup. Kulit yg dehidrasi akan memproduksi minyak lebih banyak utk mengganti kelembapan yg hilang, tp minyak yg diproduksi ini menjadi pemicu jerawat tumbuh. So, hydrated skin = no acne. Pelembap = wajib. 5. Pada wanita, perubahan hormon sela

Cream HN Hetty Nugrahati (Brand Investigation)

Hai, sudah lama gk bahas tentang yg abal-abal nih. Saya ucapkan terimakasih atas responnya terkait bahasan tentang bioaqua, baik yg pro dan kontra, serta masukan-masukan utk penulisan yg lebih baik ke depannya.


Sesuai janji sebelumnya, I'm not bashing only a brand or product, I did investigation, dan gak cuman bioaqua, kawe bin abal lainnya akan dieksekusi. Termasuk topik kali ini, krim HN. Aku yakin yg kontra akan lebih banyak lagi bermunculan.


Baik, kita mulai investigasi dari yg paling sederhana, google. Hasil penelusuran kata "cream HN" di google menunjukan web penjual cream HN online yg bersponsor. Oke, promosinya gencar banget. Dari penelusuran beberapa website dan scroll sana sini, rasanya belum nemu web resmi dari cream HN ini yg mana. Adanya penjual semua, dan ujung-ujungnya reseller bait.

1. SEJARAH CREAM HN
Tentu ada asal usul dari lahirnya cream super booming ini. Btw, bagi kmu yg belum tau HN itu apa, sebenernya HN itu singkatan dari Hetty Nugrahati. Oh ternyata nama orang. Siapa sih dia? Berikut cerita yg selalu disampaikan oleh reseller ketika ditanya asal usul cream HN:
"Berawal dari sekitar sembilan tahun yang lalu, ada seorang ibu bernama Hetty Nugrahati. Ibu ini menemani anaknya untuk berobat ke salah satu dokter spesialis kulit wajah bernama dr. Ananta di daerah Radio Dalem Jakarta. Keluhan yang dialami oleh anak perempuan Ibu Hetty adalah wajahnya yang penuh dengan jerawat dan tampak kusam. Akhirnya, dr. Ananta memberikannya sebuah resep untuk mengatasi keluhan tersebut, yaitu berupa racikan krim wajah. Tak disangka-sangka, resep racikan dokter ini ternyata sangat bermanfaat dengan baik. Di anak pun merasakan perubahan yang besar. Wajahnya tak lagi berjerawat dan menjadi sangat bersih dan bersinar.
Melihat hal tersebut, ibu Hetty pun kembali mendatangi dr. Ananta untuk kembali meminta resep krim wajah yang diberikan kepada anaknya. Ibu Hetty takut jika sewaktu-waktu dr. Ananta pergi atau pindah ke luar negeri. Berawal dari sini, Ibu Hetty pun melanjutkan hasil racikan dokter Ananta ini. Produk ini pun kemudian dipasarkan sendiri oleh Ibu Hetty. Berawal dari orang-orang terdekat, hingga pada akhirnya berhasil diketahui oleh masyarakat luas. Perlu waktu bertahun-tahun untuk mempublikasikan produk ini secara sederhana tanpa bantuan iklan. Sampai hari ini, produk ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat." [1]

Baiklah, sudah merasa janggal dengan cerita diatas? Mari kita bahas.
1. Ibu Hetty meminta resep cream racikan yg sama kepada dr. Ananta. As we already knew, krim dokter itu sifatnya racikan personal. Dibuat spesifik utk keluhan kulit tertentu. Gk bisa dipukul rata semua org bisa cocok pakai krim racikan yg sama.
2. dr. Ananta memberikan resep /cream racikan kepada Ibu Hetty. Sebenernya bahasanya agak rancu sih, apakah yg diberikan oleh dokter itu berupa krim racikan atau resep racikan cream? Hal yg lebih membingungkan adalah "Kenapa seorang dokter bisa memberikan resep racikan cream kepada org awam?" Karena pada kasus ini kita gk tau background Ibu Hetty ini apa, apakah qualified utk memahami dan menangani resep dokter. Dan yg masih menjadi misteri adalah siapakah dr. Ananta ini? Apakah tokoh fiktif? Karena agak susah melacak dokter yg kemungkinan sudah tidak buka praktek lagi (semisal benar pada akhirnya si dokter pindah ke luar negri).
3. Ibu Hetty memperbanyak cream dan dipasarkan dgn nama Cream HN. Nah ini! Utk bisa meracik cream sendiri, paling gk kamu harus punya ilmu S1 Farmasi atau Profesi Apoteker atau Health Science in Dermal Therapies[2]. Sementara Ibu Hetty ini masih dipertanyakan siapa dan backgroundnya apa? Kemudian pada salah satu web reseller terdapat informasi seperti ini:
"Cream hasil racikan apoteker ini di rasa aman dan terhindar dari adanya kandungan merkuri yang mungkin bisa membahayakan kulit wajah anda. Jadi jangan ragu lagi untuk menentukan pilihan jenis cream hanya pada cream HN asli Hetty Nugrahati ini. Tak hanya mulus dan bersih namun anda bisa tampil lebih percaya diri lagi."[3]
Oke, pada web yg berbeda mengatakan ini racikan apoteker, apakah Ibu Hetty menggunakan jasa apoteker? Atau maksud tulisan tersebut dari awal adalah dibuat oleh apoteker? Baiklah, informasi ini menjadi saling bias.

2. HETTY NUGRAHATI
Berhubung ini artisnya, marilah kita bahas lebih detil. Berbeda dengan pencipta produk yg cerdas di luar sana, setiap inovasi produk tentu perlu adanya hak cipta bahkan hak paten utk mencegah terjadi adanya pemalsuan atau klaim oleh lain. Oke, jangankan utk memiliki hak paten, bikin biografi tentang dirinya sendiri aja enggak. Hebat Ibu yg satu ini. Bahkan reseller ketika ditanya "Siapa itu Ibu Hetty?" Jawabannya "Rahasia". Kenapa jadi ditutup-tutupi begitu? Kan membuat image produk jadi semakin tidak jelas.
Jika kita googling sendiri "Siapa itu Ibu HN" maka kita akan diarahkan ke profile G+ https://plus.google.com/111444776551067620740 dengan komentar dan komplain ttg produk.


Perhatikan foto-fotonya, lebih terlihat seperti ibu-ibu sosialita drpd beauty person. Lalu setelah menelusuri lebih lanjut, ternyata ada post tentang Ibu Hetty KW (apa apa an ini). Coba perhatikan foto dan ancaman yg ditulis pada halaman web tertera.


"... Kita akan bongkar kedok yg selama ini selalu menipu memakai nama hetty nugrahati. Semua bukti yg ada akan menjadi bomerang buat anda. Sadarlah jgn pernah menipu semua orang dan meyakinkan semua org kalau ternyata anda hetty palsu yang hanya ingin mencari keuntungan semata. ..." [4]
Yaa salah sendiri gk bikin penjelasan panjang lebar ttg siapa itu Ibu HN, yg ada kan siapa aja bisa ngaku sebagai Hetty Nugrahati. Bahkan yg ngasih foto ktp pun bisa aja juga ngaku-ngaku. Karna bikin ktp abal-abal itu pun gampang.

3. BELUM LULUS UJI BPOM
Dari jaman tahun kapan, krim ini gak juga lulus juga uji BPOM.[5] Katanya masih proses, belum ada ijin edar tapi udah diedarin. Sejauh ini, reseller biasanya memberikan copy "Laporan Hasil Uji" oleh BBKK Laboraturium Uji dan Kalibrasi. 


Padahal di laporan hasil uji jelas disebutkan kalau hasil uji tidak boleh diperbanyak tanpa izin dari BBKK. Pada laporan tersebut terdapat keterangan cream HN mengandung merkuri sebesar 0.31mg/kg atau setara 0.000031%. Sedangkan berdasarkan lampiran dari Peraturan Kepala BPOM disebutkan dua jenis merkuri yang diperbolehkan dalam kadar 0.007% dan hanya untuk digunakan pada produk tata rias mata dan pembersih tata rias mata.[6] 
Walaupun kadarnya rendah, tetapi tetap saja cream HN mengandung merkuri (tidak seperti iklannya yg booming banget kalau tanpa merkuri, atau merkuri 0%) DAN merkuri pada cream HN digunakan sebagai bahan aktif utk memutihkan kulit. Padahal jelas aturannya bahwa merkuri hanya diperbolehkan utk produk tata rias mata dan pembersih tata rias mata.

Kemudian, pada blog Fantastic Nine yg membuat investigasi serupa terkait cream HN, ditemukan fakta mencengangkan.[7] Balai Besar Kimia dan Kemasan (BBKK) menyatakan:
1. Laporan tersebut bukan hasil uji BBKK.
2. BBKK tidak pernah menguji Cream HN.
3. BBKK tidak mengeluarkan sertifikat tersebut.
4. Format laporan tidak sesuai standar baku laporan hasil uji BBKK.
5. Laporan tersebut PALSU.
Hah!! Padam muka!!

Sedikit berkenalan dengan BBKK. Balai Besar Kimia dan Kemasan (BBKK) adalah Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kementerian Perindustrian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI). BBKK mempunyai tugas melaksanakan kegiatan penelitian, pengembangan, kerjasama, standardisasi, pengujian, sertifikasi, kalibrasi, dan pengembangan kompetensi industri kimia dan kemasan sesuai kebijakan teknis yang ditetapkan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri.

Salah satu ruang lingkup kerja BBKK adalah menguji kadar logam dan bahan kimia berbahaya pada kosmetik sesuai standar BPOM. Terkait ruang lingkup pengujian, tarif dan daftar klien yg sudah diuji di BBKK dapat diakses di http://bbkk.kemenperin.go.id/page/pengujian.php dan memang tidak ada terdapat indikasi Cream HN pernah diuji di BBKK.

4. TEKSTUR KRIM KILOAN
Nampaknya sudah panjang lebar pembahasannya dan udh mulai bosen dengan segala kehaluan Ibu Hetty ini. Tapi masih ada 1 aspek lagi yg belum dibahas, yaitu bentuk produk yg terlihat seperti krim kiloan. What? What is krim kiloan??
Wait sebentar, kita belum bahas ingridients ny cream HN, ada yg tau? Soalnya aku gk nemu, rahasia kan ya 😂
Oke, kembali ke krim kiloan, cek gambar dibawah untuk contohnya yaa.[8] 


Dijualnya bukan dalam jar plastik, tp dikemas plastik kiloan, kyk beli mentega curah di pasar. Tapi ada juga sih yg udh sekalian jasa pack in jar.
Ada ingridient list nya, dan waw, itu bahan-bahan skincare premium yg harga nya gk murah. Lalu utk ukuran 1kg hanya dihargai 900.000? Bahkan ada harga member. Sedangkan skincare Laneige aja untuk kemasan 50-70ml harganya sudah 300.000-500.000. Entah deh itu apa yaa.
Oh iyaa, satu lagi, karakteristik cream pelembap yg baik itu tidak beraroma menyengat yg aneh, tidak berwarna, dan teksturnya ringan bahkan encer dan cenderung transparan seperti gel. Hal tersebut menandqkan bahkan cream pelembap tersebut bebas bahan tambahan yg tidak berguna bagi kulit dan fokus pada bahan aktif saja. Contoh bentuk cream yg ideal nanti menyusul.

5. KESIMPULAN
Terlalu banyak simpang sayur. Btw, krim HN itu ada banyak variannya, ada yg crystal, mami HN, platinum, gold, syahrini, bla bla bla. Masing-masing mengaku ori dan mengatakan varian lain palsu. Bahkan ada Mami asli dan mami palsu. Bagaimana kalau seandainya memang tidak ada yg asli?

PENUTUP
Oke, sekian dulu, mungkin nanti akan saya update lagi, seperti bioaqua kemaren. Kalau ada perkembangan kasus akan ditambahkan. Silahkan share, sebarkan kesadaran utk menggunakan skincare yg aman.

DAFTAR PUSTAKA
[1] http://creamhnku.com/apakah-benar-cream-pemutih-wajah-hn-adalah-racikan-dokter.html
[2] http://jurusanku.com/dermal/
[3] http://creamhnasli(.)net/2018/07/13/mengenal-lebih-jauh-tentang-cream-hn-asli-hetty-nugrahati/
[4] http://ratucreamhn.blogspot.com/2016/11/ini-dia-kecaman-untuk-penipu-yg-selalu.html?m=1
[5] http://www.creamhnbpom(.)net/apakah-cream-wajah-hn-sudah-terdaftar-di-bpom-belum/
[6] http://www.alodokter.com/waspadai-pemutih-kulit-mengandung-merkuri
[7] https://fantasticnine0302.wordpress.com/2018/02/25/cream-pemutih-hn-hetty-nugrahati/
[8] http://hotlist-produk.blogspot.com/2015/09/cream-pemutih-wajah-kiloan-08970770867.html?m=1

Komentar

  1. Bikin review cream theraskin dong kak

    BalasHapus
  2. Review temulawak juga kak.. soalnya lgi booming cream itu di daerah sya. Temulawak V Natural, temulawak,Temulawak New face. Berharap ada info yg akurat juga tentang ini. Mkasih ka

    BalasHapus
  3. Tolong Thor... Bikin review tentang MS Glow, KF Skin, dan LC Beauty
    Kok bisa glowing2 gitu hasilnya padahal harganya tidak seberapa

    BalasHapus
  4. Saya suka sekali dengan review di blog ini. Pedas, tetapi faktual.

    Aku padamu, Mbak 🤭

    BalasHapus
  5. Yang bikin sedih itu waktu lihat temen-temen yg pake krim HN ini mukanya glowing bgt, sedangkan aku yg udah mati-matian nabung beli skincare mahal yg udah lolos BPOM masih gini2 aja :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru itu mba kalo yg pake BPOM karena aman makanya berproses... Aku juga masih gini-gini aja padahal udah lama wkwkwkwk. Yang penting sabar aja mbaa 😅

      Hapus
    2. Sabar mba gpp lama berproses yg prnting bukan putih tpi bersih klit sehat. Coba nnti abid yg pada pkr berenti blik kusam na gk main" bisa jerawatan lbh bnyk blm efek jangka panjang na nnti ...

      Hapus
    3. Tahun 2000an (tepatnya lupa) saya pernah 2x pakai. Yg pertama harga 80ribuan 1 paket isi 4. Efek langsung keliatan hari ke 3. Panas, clekit2, jerawat merah kecil2 muncul. Langsung saya hentiin (sedih banget).

      Yang kedua tahun 2014 dapet rekomen dari sodara (orang kesehatan). Saya liat memang mukanya glowing dan krn backgroundnya saya jadi percaya. Harga 100ribu 1 paket isi 4. Proses sama seperti yg pertama, tapi saya sampe ketemu kulit ngelupas dan memang glowing. Saya pakai sampe habis dan ga saya terusin krn agak curiga mengandung bahan2 spt mercury dsb yg berbahaya. Setelah berhenti, muka pelan2 gosong makin lama kusam dan timbul titik2 hitam di bawah kulit. Sampe sekarang tahun september 2020 flek itu masih ada dan semakin nambah. Tambah sedih dan nyesel banget.

      Baru 1 bulan mulai pakai skincare yuja niacin tapi blm terlihat significant. Mau coba somethinc atau ertos lumayan juga harganya. Mau coba pakai minuman yg bercollagen. Belum tau merk apa yg mau dipakai yg ramah kantong juga hehe ...

      Lebih efektif skincare atau minuman bercollagen ya???

      Hapus
    4. panjang2 gada yg jawab. hm kasian :(

      Hapus
    5. Pakai Skincare dl aja teh, lebih ramah di kantong

      Hapus
  6. Wow kerenn penjelasamnya makasi kakak

    BalasHapus
  7. keren banget penjelasannya kak, sampe bisa ikut geregetan sendiri hhh

    BalasHapus
  8. Review angelskincare & DRW Skincare juga kak kok cepet ya dlm hitungan hari jd glowing bersih,aman ga ya dipakai byk peminatnya

    BalasHapus
  9. pengen pake' cuma bingung belinya ke siapa ?? yang benar² ori takut kenak yang palsu

    BalasHapus
  10. Hebat penjelasannya detail bagt kak. Emang benar krim hn ga ada yg ori ga ada yg kw semua sama. Dimasukin dalam jar dan cuma tertulis krim siang krim malam dan sebagainya. Murah bgt sepaket ada yg jual 150rb bahkan dibawahnya. Ck ck... Aq aja beli garnier sakura white satu paket aza bisa kisaran 300rb. Aq mah pilih aman walau lama sebab aq uda bangga ama kulitku yg kuning langsat jadi buat apa putih instan demi cantik

    BalasHapus
  11. Hebat penjelasannya detail bagt kak. Emang benar krim hn ga ada yg ori ga ada yg kw semua sama. Dimasukin dalam jar dan cuma tertulis krim siang krim malam dan sebagainya. Murah bgt sepaket ada yg jual 150rb bahkan dibawahnya. Ck ck... Aq aja beli garnier sakura white satu paket aza bisa kisaran 300rb. Aq mah pilih aman walau lama sebab aq uda bangga ama kulitku yg kuning langsat jadi buat apa putih instan demi cantik

    BalasHapus
  12. Jgnkan krim yg gajelas gini.. krim yg udh bapom aja aku gk mau coba.. krn pernah coba sekali merk helwa, ampuuun wajah jd kering jerawatan gak jelas setelah brenti pke 3 minggu. Itupun brenti krn krim yg lg kosong.

    BalasHapus
  13. Ohhh seperti itu😒😷

    BalasHapus
  14. Pliss sii minta recomend beli hn yg asli dmnaa

    BalasHapus
  15. Hn platinum ada bpomnya kog. Dan cuma ada cream siang malam sama serumnya doang ,,,

    BalasHapus
  16. Oh jadi gitu ya HN itu singkatan nama orang baru tau aku. Btw dulu banget aku pernah pake Cream HN ini tapi udah berhenti karena banyak beredar kabar kalo cream ini bahaya

    BalasHapus
  17. Sy bertetangga sama reseller HN cream, muka nya tetangga glowing gara2 HN , tp meskipun begitu, sy gk ikut ikutan pake HN, krn anak sy sekolah jurusan tata kecantikan kulit, intinya tidak benar sebuah cream racikan dokter cocok untuk semua jenis kulit, setiap kulit perlu diagnosa koq , apakah normal, berminyak, kering, atau kulit kombinasi, jadi menurut sy HN bukan racikan dokter kecantikan kulit. Tp racikan orang awam aja yg mengaku dokter.

    BalasHapus
  18. Sy bertetangga sama reseller HN cream, muka nya tetangga glowing gara2 HN , tp meskipun begitu, sy gk ikut ikutan pake HN, krn anak sy sekolah jurusan tata kecantikan kulit, intinya tidak benar sebuah cream racikan dokter cocok untuk semua jenis kulit, setiap kulit perlu diagnosa koq , apakah normal, berminyak, kering, atau kulit kombinasi, jadi menurut sy HN bukan racikan dokter kecantikan kulit. Tp racikan orang awam aja yg mengaku dokter.

    BalasHapus
  19. Sy bertetangga sama reseller HN cream, muka nya tetangga glowing gara2 HN , tp meskipun begitu, sy gk ikut ikutan pake HN, krn anak sy sekolah jurusan tata kecantikan kulit, intinya tidak benar sebuah cream racikan dokter cocok untuk semua jenis kulit, setiap kulit perlu diagnosa koq , apakah normal, berminyak, kering, atau kulit kombinasi, jadi menurut sy HN bukan racikan dokter kecantikan kulit. Tp racikan orang awam aja yg mengaku dokter.

    BalasHapus
  20. baca ni cream hn berbahaya jika tidak cocok untuk anda
    https://feb1302.blogspot.com/2022/10/bahaya-cream-hn-ini-reaksinya-jika-anda.html

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Penggunaan Gluta Frozen Genius Whitening dan Frozen Collagen 2in1 Whitening X10

Moreskin Clean & Glow Cream Booster (Investigation)