Jerawat: Penyebab dan Pencegahan

Gambar
Berikut beberapa hal yang mesti kamu ketahui tentang jerawat: 1. Jerawat secara sederhana adalah penyumbatan pori-pori (oleh debu, makeup, kotoran, atau kulit mati), sehingga minyak menumpuk dalam pori-pori lalu membengkak, infeksi bakteri juga bisa memperparah situasi itu, lalu berlanjut dgn reaksi antibodi dan bernanah. 2. Jerawat itu normal bagi remaja, karena kelenjar minyak di kulitnya baru saja aktif pd masa puber. Lewat masa puber, jerawat akan berhenti tumbuh. 3. Ada yg namanya jerawat dewasa/rosacea. Walau sudah lewat masa puber, kulit tetep memproduksi jerawat. Ini juga wajar terjadi di Indonesia, udah bawaan gen. Jadi jerawatnya bisa diatasi, tapi gk bisa disembuhkan. 4. Jaga kelembapan kulit. Kulit yg lembap, kadar minyaknya normal dan cukup. Kulit yg dehidrasi akan memproduksi minyak lebih banyak utk mengganti kelembapan yg hilang, tp minyak yg diproduksi ini menjadi pemicu jerawat tumbuh. So, hydrated skin = no acne. Pelembap = wajib. 5. Pada wanita, perubahan hormon sela

Skincare Routine October 2018 Update

Setelah bertapa, dan mencoba-coba kombinasi produk yg cocok di kulitku.. Akhirnya inilah rangakaian 𝐂𝐓𝐌𝐏 𝐎𝐜𝐭𝐨𝐛𝐞𝐫 𝐔𝐩𝐝𝐚𝐭𝐞.

Jenis kulit: berminyak mudah berjerawat

Keluhan kulit:
- jerawat yg datang dan pergi sesuka hatinya
- pori-pori besar
- sebaceous filament nampak jelas pada area T zone
- hidung landak
- bekas jerawat bagai rasi bintang

Produk yg aku pakai untuk rangkaian CTMP ini adalah sebagai berikut:

1. Cleansing
Garnier Micellar Water, Estee Lauder Take It Away Makeup Remover Lotion, Estee Lauder Cleansing Bar
Cleansing
 ○ Garnier Micellar Water
Biasanya aku pakai utk first cleansing atau pas ketika lagi malas ribet cuci muka pakai sabun. Kalau gk pakai double cleansing, setelah pakai micellar water biasanyaaku bilas pakai air. Formulanya bisa merontokan makeup yg waterproof.

○ Estee Lauder Take It Away Makeup Remover Lotion
Untuk pembersihan lebih maksimal, wajah dibersihkan lagi pke lotion ini. Lotion dipijat keseluruh wajah dan berubah jadi air, kemudian diusap pke kapas atau bilas air. Fungsi lain yg aku bara ngeh dr produk ini adalah utk scrub hidung landak. Komedo kecabut utuh keluar dari hidung. Cukup gosok-gosok ke hidung aja kyk pke lulur, nanti rontok sendiri komedonya. Hidung jadi mulus.

○ Estee Lauder Cleansing Bar
Last step dari proses cleansing atau only step yg aku pakai pagi hari karena malas menggunakan cleanser pakai kapas. Pori-pori wajah juga tampak lebih mengecil selama menggunakan sabun ini. Sabun ini tidak memberikan efek kulit kering setelah penggunaan, tetapi juga tidak licin kayak berminyak, hanya bersih dan cerah. Tekstur sabunnya keras, jadi awet banget dipakai utk waktu yg lama. Sebatang tahan 6-8 bulan.

2. Toning
Some By Mi Miracle Toner, Hadalabo Ultimate Whitening Lotion
Toning
○ Some By Mi Miracle Toner
Tulisannya sih mengandung AHA, BHA, PHA, dan Niacinamide, tapi jatuhnya ini tuh semacam cleansing toner aja, bukan exfoliating toner. Pakai toner ini efeknya kulit wajah jadi lembap, tp gk lengket. Minggu pertama pakai toner ini beruntusan berkurang dan akhirnya lenyap. Setelah 2 minggu, kulitku jd semacam photo sensitive gtu, klo kena sinar matahari jadi merah-merah kyk digigit nyamuk. Akhirnya aku pakai ini di rangkaian skincare malam hari aja. Gak yakin juga sih apakah beruntusan merkurang karena toner ini atau rangkaian yg lain, sejauh ini aman aja akai toner ini dan sedang mencoba menghabiskan sampai tetes terakhir.

○ Hadalabo Ultimate Whitening Lotion
Hydration toner favorit (setelah Micro Essence Estee Lauder) karena harganya mursidah. Aku pakai seri yg whitening karena yg ini level lembapnya pas utk kulit aku, gk terlalu basah kyk seri yg putih. Toner penting yaa untuk dipakai, karena dapat mengembalikan pH kulit ke level yg seharusnya (agak asam). Jadi setelah diberi toner, kulit siap menerima produk skincare lain.

3. Nourishing
Estee Lauder Advance Night Repair Serum, The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA Concentrated Serum
Nourishing
○ Estee Lauder Advance Night Repair Serum
Serum ini aku suka banget. Bekas jerawat lumayan berkurang pigmentasinya, gk gelap banget. Tekstur kulit jd lebih kenyal, lembut, glowing, bahkan sejak seminggu pertama. Bangun tidur tinggal cuci muka pakai air rasanya udh enak banget kulitnya. Serum ini bisa mengurangi pembengkakan jerawat dan jerawat sembuh lebih cepat. Serum ini juga mampu memperkuat kinerja pelembap yg diaplikasikan diatasnya.

○ The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA Concentrated Serum
Berhubung kemaren kondisi jerawat gk terkondisikan, akhirnya banyaklah bekas-bekas jerawat ini. Dari 3 serum pencerah yg aku incar (dua serum lainnya: Estee Lauder Crescent White Essence dan Laneige White Dew Ampoule), hanya ini yg ready stok, so let’s give it a try. Pertama kali aku pakai pas malam hari, pada pagi harinya, kulit terasa lembap n kenyal banget. Mungkin ini efek dari HA. Sukak banget. Aku pakai ini selama 24 jam, reapply sunscreen juga pakai serum ini lagi, habis mandi sore juga pakai serum ini lagi, sebelum tidur dan bagun tidur sudah pasti pakai serum ini juga. Biar bisa lihat seberapa cepat efek ini serum.

4. Moisturizing
Estee Lauder Nutritious Micro Algae Pore Minimizing Hydra Lotion, Estee Lauder Revitalizing Supreme+ Global Anti Aging Power Soft Creme, Estee Lauder Advanced Night Repair Eye Creme
Moisturizing
○ Estee Lauder Nutritious Micro Algae Pore Minimizing Hydra Lotion
Pelembap yg satu ini begitu dioles langsung meresap di kulit dan memberikan kelembapan extra di kulit. Pada kulit berminyak akan terasa lebih basah karena kandungan emolientnya. Sejauh ini jadi andalan banget utk mencegah kulit dehidrasi. Musim kemarau masih panjang, panas kebangetan. Produk ini bisa mencegah "bruntusan" akibat dehidrasi. Biasanya aku pakai pagi dan malam, cuman berhubung pengen ngehabisin produk yg lain, jadi aku pakai di pagi hari aja.

○ Estee Lauder Revitalizing Supreme+ Global Anti Aging Power Soft Creme
Pelembap ini ada efek anti aging nya, cocok untuk berbagai usia. Tekstur krimnya lembut, sedikit lebih padat daripada lotion. Formula oil free dan langsung meresap ke kulit. Aromanya harum dan soft banget, khas parfum Estee Lauder Pleasure. Aku lihat ada sedikit ngaruh sih ke kerutan under eye. Cuman dipakai malam hari. Bisa juga under makeup biar hasilnya glowing.

○ Estee Lauder Advanced Night Repair Eye Creme
Dulu sempet berhenti pakai eye cream ini karena jadwal tidur yg amburadul. Percuma kan yaa pakai eye cream klo tidurnya belum bener. Sekarang udah mulai normal, aku lihat ada sedikit perkembangan pada kerutan di bawah mata. Mata panda juga gk senampak yang dulu. Tampilan mata jd terlihat lebih fresh dan cerah. Aku selalu pakai eye cream ini sebelum mengaplikasikan makeup agar concealer under eye gk pecah. Bisa juga pada smile line agar foundationnya gk pecah.

5. Protecting and Additional Treatment
Innisfree Daily UV Protection Cream No Sebum, Laneige Mini Pore Waterclay Mask, Paula's Choice Resist BHA9, Farsali Rose Gold Elixir Radiating Moisturizer dan The Ordinary 100% Organic Cold-Pressed Rose Hip Seed Oil
Protecting and Additional Treatment
○ Innisfree Daily UV Protection Cream No Sebum
Umumnya sunscreen dlm bentuk krim membuat kulit jadi lebih berminyak, tetapi yg ini enggak. Hasilnya matte banget seharian. Ini jenis physical sunscreen ya, jd memang ada efek whitecastnya. Kalau serum dan pelembap yg diaplikasikan sebelum sunscreen ini belum meresap sempurna, biasanya sunscreen ini efek whitecastnya akan lebih parah (karena tidak bisa meresap ke kulit). Jika meresap denga baik, hasilnya jd natural di kulit (tp ttep rada terang) semacam tone up cream. No makeup anymore.

○ Laneige Mini Pore Waterclay Mask
TBH kalau dari segi membersihkan dan mengecilkan pori-pori, aku lebih suka The Body Shop Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask. Tapi setidaknya masker ini juga mampu mengurangi minyak di wajah dan memberi sensasi dingin yg menenangkan kulit. Not hate it, but I will pay more for TBS.

○ Paula's Choice Resist BHA9
Nampaknya ini BHA dgn konsentrasi paling tinggi yg dijual umum yaitu 9%. Aku pakai pada jerawat yg meradang biar cepet kering. Cara baru utk menggunakan produk ini adalah dengan mengoleskan pada jerawat setelah dipencet. Tujuannya untuk membersihkan pori-pori dari nanah yg mungkin masih tersisa dalam pori-pori. Luka pencet jerawat biasanya langsung kering dan sembuh setelah beberapa hari.

○ Farsali Rose Gold Elixir Radiating Moisturizer dan The Ordinary 100% Organic Cold-Pressed Rose Hip Seed Oil
Bulan lalu aku pakai kedua produk ini sebagai face oil setelah moisturizer lain yg berbahan dasar air. Memang terlihat efek pemudaran pada bekas jerawat dan beberapa kali jerawat gk jadi tumbuh setelah rutin diolesi dengan rosehip oil. Tapi akhir-akhir ini hanya aku pakai sesekali kalau kulit lagi kekeringan banget.

Banyak yaa, perjuangan banget :D




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cream HN Hetty Nugrahati (Brand Investigation)

Review Penggunaan Gluta Frozen Genius Whitening dan Frozen Collagen 2in1 Whitening X10

Moreskin Clean & Glow Cream Booster (Investigation)